Senin, 03 Mei 2010

CATATAN KECIL SETELAH PELATIHAN ASKOM BNSP


Saat saya diminta oleh sebuah LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) untuk mengikuti Pelatihan Asesor Kompetensi yang di selenggarakan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) timbul pertanyaan dalam diri saya; Apa pentingnya sih sebuah Profesi mendapat sertifikasi Kompetensi? bukannya Kompeten atau tidaknya seseorang adalah dari pengakuan masyarakat?

Pertanyaan lain adalah apakah Kompetensi yang di standardisasikan tidak akan mematikan kreatifitas?

Pertanyaan - pertanyaan tersebut terjawab secara pelan - pelan saat mengikuti pelatihan...

jawaban pertama yang saya dapatkan adalah standarisasi yang dilakukan bersifat Flexible sesuai dengan konsep VRFF (Valid - Reliable - Flexible - Fairness) dalam prisip - prinsip assesment, sehingga standardisasi tersebut akan terus berkembang tetapi tetap dengan asas - asas yang minimal requirement dalam suatu jenis pekerjaan.

sedangkan untuk menyatakan seseorang kompeten memang adalah pengakuan masyarakat, tetapi apakah masyarakat di daerah lain juga akan mengakui nya? contohnya adalah sesorang dianggap kompeten oleh perusahaan A apakan juga akan dianggap kompeten oleh perusahaan B,C,D Dst?

Untuk itu dibutuhkan sebuah pengakuan yang Valid minimal adalah Syarat - syarat pokok dari pekerjaan tersebut dapat di penuhi oleh ybs sehingga pengakuan kompetensi nya tidak hanya diakui oleh sekelompok orang tapi juga oleh seluruh orang.

hal penting yang saya dapatkan dari pelatihan ini adalah ucapan dari Ketua BNSP saat pembukaan Pelatihan, bahwa justru Kompetensi ini dapat dijadikan sebagai filter dari Globalisasi dimana gempuran Tenaga kerja Asing yang masuk ke Indonesia.

jadi, Indonesia dapat melakukan Uji Kompetensi terhadap Tenaga Kerja Asing yang masuk. dimana yang diujikan tidak hanya kompetensi kemampuan tapi juga kompetensi bahasa.

jika hal ini dilakukan,mungkin kejadian Batam tidak akan terjadi...

jadi seperti halnya ISO untuk perusahaan ada baiknya Uji Kompetensi / Sertifikasi Kompetensi Profesi perlu dilakukan untuk meningkatkan SDM dan yang penting standardisasi Remunerasi dapat dilakukan oleh perusahaan berdasarkan hal tersebut.

Pelatihan yang sangat melelahkan itu cukup membuka mata saya atas Standardisasi kompetensi yang dilakukan BNSP melalui LSP - LSP yang ada...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar